Jurnalistik

Pada dasarnya siswa adalah sebagai generasi penerus bangsa yang mempunyai intelektual yang tinggi diharapkan tidak hanya mampu berprestasi di bidang akademik saja, melainkan harus dapat berprestasi dan bergerak yang positif di luar bidang akademik, yang juga merupakan hal yang penting bagi siswa setelah selesai belajar.

Siswa harus memiliki kreatifitas, ketekunan dan kemampuan baik secara fisik maupun mental untuk mensejajarkan diri dengan perkembangan zaman di segala bidang yang khususnya bidang jurnalisme dan fotografi.

Pada era sekarang ini kita dituntut untuk bisa menulis dan mendokumentasikan setiap aktivitas yang baik supaya dapat menghadapi persaingan global yang semakin bebas. Alangkah baiknya jika kita sebagai siswa dapat menulis dan mendokumenkan aktivitas dengan baik dan benar. Kita sebagai manusia dapat berimajinasi tentang apapun untuk ditulis dan didokumentasikan.

Tulisan dan gambar kita akan dihargai orang lain, jika karya kita baik dan benar tentang aturan. Apalagi sudah tidak asing lagi hampir setiap tahun pasti ada lomba tentang karya tulis ilmiah, cerpen, puisi, artikel, fotografi serta lomba lainnya. Untuk itu kita harus bisa membuktikan bahwa bukan hanya dengan otot saja kita berprestasi, tapi dengan imajinasi yang dituangkan pada tulisan-tulisan dan gambar-gambar, kita mampu berprestasi.

Ekstrakurikuler Jurnalistik SMK NW Renco didirikan pada Tanggal 13 September 2016, sebuah ekskul di SMK NW Renco yang memfokuskan diri pada bidang jurnalistik dan fotografi. Hal ini sebagai wadah warga sekolah untuk berkreasi, berinovasi, berkreativitas, berkarya yang ilmiah, edukatif, dan religius.

Ekskul Jurnalistik didirikan untuk melakukan penyadaran, khususnya terhadap siswa SMK NW Renco akan pentingnya menulis dan mendukumentasikan segala bentuk aktivitas.

Segala bentuk karya yang dilakukan dan diwadahi oleh ekskul Jurnalistik SMK NW Renco akan diwujudkan dengan bentuk Majalah Online, Buletin, Blog dan Website dengan nama “Pena Tak Bertinta”.

Oleh karena itu Ekstrakurikuler Jurnalistik SMK NW Renco sebagai satu-satunya wadah untuk meningkatkan kreatifitas siswa yang siap bersaing pada era global ini khususnya dalam bidang menulis dan fotografi. Dengan demikian ekstrakurikuler Jurnalistik SMK NW Renco, Insya Allah akan bermanfaat dikemudian harinya.

  • TUJUAN

Kegiatan ini lebih menekankan pada kompetisi, baik di tingkat sekolah maupun di luar sekolah (regional dan nasional). Kegiatan insidental ini sebagai ajang pengembangan diri sekaligus pencapaian prestasi sekolah. Oleh sebab itu, dengan mengikuti kompetisi tersebut, tentu saja kami membutuhkan persiapan-persiapan yang harus dilengkapi. Tujuannya sebenarnya yang paling penting adalah mempersiapkan mental siswa/siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik. Mendidik siswa/siswi untuk aktif, kreatif, dan inovatif bukanlah hal mudah, diperlukan latihan lebih intensif.

  1. Melakukan transformasi sikap ilmiah khususnya di bidang jurnalistik dan fotografi pada warga sekolah.
  2. Melakukan studi-studi atau kajian ilmiah terhadap kondisi sosial warga sekolah.
  3. Melakukan aktivitas untuk mendorong terciptanya sikap berkarya yang kreatif, inovatif, ilmiah, dan religius bagi warga sekolah.
  4. Untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam bidang penulisan.
  5. Untuk dapat mengapresiasikan diri dalam masyarakat.
  6. Mengenal hal-hal sekitar yang merupakan bahan jurnalistik dan fotografi.
  7. Untuk memperluas dan mengembangkan pola pikir.
  • AKTIVITAS

  1. Melakukan pengorganisasian siswa SMK NW Renco;
  2. Melakukan kajian-kajian ilmiah;
  3. Melakukan praktik jurnalistik dan fotografi;
  4. Memperluas jaringan organisasi sejenis;
  5. Mendokumentasikan setiap kegiatan siswa dan sekolah;
  6. Membuat wadah unjuk kreatif warga sekolah.
  • PROGRAM KERJA

  1. Kajian Rutin Mingguan (setiap Hari Kamis);
  2. Penerimaan Anggota Baru (PAB);
  3. Jurnalisme online;
  4. Penerbitan media online jurnalistik SMK NW Renco;
  5. Pengelolaan Mading sekolah;
  6. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik dan fotografi;
  7. Pendokumentasian dan peliputan kegiatan sekolah (Kegiatan Siswa, OSIS, Ekstrakurikuler SMK NW Renco).
  • STRUKTUR KEPENGURUSAN

  1. Pelindung/Penanggung jawab : Kepala Sekolah
  2. Dewan Pembina : Wakil Kepala Sekolah dan Pembina OSIS
  3. Pembina : Apipuddin, S.Pd.
  4. Pemimpin Umum : Ketua dan Wakil Ketua OSIS
  5. Pemimpin Redaksi
  6. Wakil Pemimpin Redaksi
  7. Sekretaris
  8. Bendahara
  9. Bidang Media Cetak
  10. Bidang Media Online
  11. Bidang Fotografi
  12. Bidang Video dan Film
  13. Bidang Kaderisasi
  14. Bidang Reforter
  15. Anggota
Admin

SMK NW Renco, Merupakan Salah Satu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Yang Ada Di Provinsi NTB, Indonesia. Sama Dengan SMK Pada Umumnya Di Indonesia Masa Pendidikan Sekolah Di SMK NW Renco Di Tempuh Dalam Waktu Tiga Tahun Pembelajaran, Mulai Dari Kelas X Sampai Kelas XII